Peringati HPN 2021, PWI Ponorogo Tanam 3.500 Pohon


PWINews
- Wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo menggelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 dengan melakukan penghijauan. Sebanyak 3.500 bibit tanaman berbagai jenis ditanam di sejumlah wilayah sejak beberapa waktu lalu sebagian rangkaian dari HPN 2021 di Ponorogo.

Penghijauan ini kembali dilakukan oleh PWI Ponorogo sebagai puncak kegiatan. Penanaman bibit-bibit pohon merupakan wujud komitmen PWI Ponorogo atas kelestarian alam dan lingkungan di sekitarnya. Terutama dengan adanya perubahan iklim dan cuaca yang anomali akhir-akhir serta menyebabkan berbagai bencana alam seperti longsor dan banjir.
Bantaran Sungai Bengawan Solo di Desa Bareng, Kecamatan Babadan, Ponorogo dipilih menjadi lokasi puncak Peringatan HPN 2021 PWI Ponorogo yang dilaksanakan pada Minggu (7/2/2021). Sejak akhir 2020 lalu, PWI Ponorogo telah melakuan penghijauan di sejumlah titik. Antara lain Desa Purwosari; Desa Babadan, Kecamatan Babadan dan di Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo.

Ketua PWI Ponorogo Hadi Ade Sanyoto usia kegiatan menyatakan, kegiatan penghijauan selalu digelar oleh PWI Ponorogo dalam setiap peringatan HPN sebagai sumbangsih kepada lingkungan dan masyarakat. 

“Meskipun jumlahnya sedikit, tapi ini adalah upaya kami untuk bersama-sama masyarakat melestarikan lingkungan. Meski kecil, semoga bisa menjadi sumbangsih yang bermanfaat bagi Ponorogo,” kata Ade.

Puncak Peringatan HPN 2021 juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Camat Babadan Suseno bersama-sama dengan Kapolsek Babadan Iptu Yudi Kristiawan, Danramil Babadan Kapten (Arm) Heri Susanto, dan Kades Bareng Makmur Khafid Rosyidi. Kegiatan dilanjutkan penanaman bibit pohon oleh seluruh peserta kegiatan yang terdiri dari anggota PWI Ponorogo, forkopimcam, karang taruna, dan perwakilan TP PKK Desa serta seluruh warga. Penanaman dilakukan di tepi sungai Bengawan Solo.

Ketua Panitia HPN 2021 PWI Ponorogo Fajar Eko Budiarto menambahkan, untuk HPN kali ini, PWI Ponorogo menggelar serangkaian kegiatan. Mulai dari roadshow penghijauan di sejumlah titik, dialog HPN di RRI Madiun pada 9 Februari 2021, PWI Mengajar bersama pelajar SMKN 1 Badegan, Sambang Kerabat atau bakti sosial menyantuni warga terdampak covid-19, dan lomba video pendek edukasi covid-19 yang akan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

“Berbagai kegiatan ini kami gelar untuk turut berpartisipasi membangun masyarakat Ponorogo. Selain setiap harinya kami melakukan kegiatan kewartawanan, pada peringatan HPN ini kami berupaya melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi warga Ponorogo,” pungkas Fajar.

Camat Babadan Suseno mengapresiasi langkah yang telah dilakuakn oleh  teman teman PWI Ponorogo. Harapannya kegiatan tersebut mampu ikut menggelorakan smangat warga untuk menjaga alam . Karena lingkungan hidup yang terjaga akan sangat besar dan luar baisa manfaatnya bagi warga sekitar  dan manusia pada umumnya. 

“Kepada masyarakat dibantaran sungai agar terus menerus menggerakkan  penanaman sebagai penguat dibibir sungai . Kalao bia tanaman yang produktis sehingga bisa juga dinikmati hasilnya,”jelas Camat Suseno.

Hal senada juga Kepala Desa Bareng, Kecamatan Babadan, Makmur Hafidz yang menyatakan pihaknya salut dengan  kegiatan yang dilakukan oleh PWI Ponorogo. Karena kegiatan penghijauan telah dilakukan bekerjasama dengan beberapa desa demi membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga alam di lingkungannya masing masing. 

 “Konservasi alam penting, dilakukan dan harus berkelanjutan. Karena  selain berdampak pada pengurangan bencana, keindahan, juga bisa berdampak ekonomi," terang Makmur Hafidz. (RILIS PWI)

0 Response to "Peringati HPN 2021, PWI Ponorogo Tanam 3.500 Pohon"

Post a Comment