Masyarakat Berharap Rekrutmen Panwascam Terpenuhi 30 Persen Kuota Perempuan

Tulang Bawang Barat,Metanews.co.id  - Songsong Pemilu Serentak 2024 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Tulangbawang Barat telah membuka pendaftaran calon panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan. 

Masyarakat berharap tahapan seleksi berjalan lancar serta manghasilkan calon pengawas yang jujur, cerdas dan memahami tupoksinya. 

Sehingga pemilu serentak 2024 mendatang berjalan sesuai tahapan karena diawasi oleh pengawas yang kompeten, Adhok dan benar benar netral.

Demikian diungkapkan Sekretaris Wanhat GP Ansor Tubaba Gati Susanto, Sabtu ( 24/9/2022).

" Jajaran pengawas pemilu di Kecamatan merupakan garda terdepan dalam proses pengawasan pada penyelenggaraan Pemilu/Pilkada, maka aggota pamwas harus menguasai aturan tahapan pemilu utamanya terkait kewenangan yang dimiliki oleh lembaga tersebut," ujarnya.

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, lanjut pengurus IKA PMII Tubaba ini, pengawas pemilu juga harus tau aturan dalam menjalankan kewenangan tersebut.

 "Mereka harus bisa menempatkan kapan harus memberikan peringatan atau memberikan rekomendasi kepada KPU jika menemukan pelanggaran," tegasnya 

 Selain itu, yang tidak kalah penting adalah keterwakilan perempuan harus ada, jangan sampai kuota 30 persen keterwakilan perempuan tidak penuh prosentasenya.

"Mengacu pada pedoman pelaksanaan pembentukan panwascam pelaksanaan pada pemilu serentak 2024 tercatat bahwa dalam pendaftaran wajib memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan di setiap kecamatan," ujarnya.

Dirinya optimis panitia seleksi akan bersikap netral dalam penilaian calon anggota panwascam.

"Saya optimis Bawaslu kabupaten Tubaba akan bersikap netral dalam seleksi tersebut. Namun demikian lanjut dia, penilaian dititik beratkan pada kompetensi pendukung pada calon panwascam.

Diketahui para pelamar merupakan putra terbaik di tingkat kecamatan masing- masing dan tentunya panitia seleksi telah memahami kompetensi para pelamar yang layak menjadi panwascam,"pungkasnya. ( San).


0 Response to "Masyarakat Berharap Rekrutmen Panwascam Terpenuhi 30 Persen Kuota Perempuan "

Post a Comment