Hiruk Pikuk Pasukan Kirab Pelajar Andalan Sulsel



MAKASSAR.WARTASULSEL.ID-Hiruk-pikuk Kirab Pelajar Andalan untuk Rute Andalan 4 (Selayar) mulai bergerak Sabtu (8/10 2022) di Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar.


Pasukan Kirab Pelajar Andalan Rute 4 dilepas Wakil Bupati Selayar, Saeful Arif, S.H. di depan Kantor Dekranasda (eks Rumah Jabatan Bupati) Kota Benteng Kepulauan Selayar. 

Hadir mendampingi Wakil Bupati, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, Drs. Muhammad Nur, M.Si. Nampak hadir Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Satpol PP, Kadis Kesehatan, Kemenag Selayar, para Kepala SMA, SMK dan MAN se Kab Selayar dan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh pendidik.

Kegiatan pelepasan Kirab pelajar Andalan diwarnai dengan pembacaan Ikrar Pelajar Andalan dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Selayar/Makassar dialek Konjo, Bonerate dan bahasa Indonesia. 
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, Muhammad Nur melaporkan, Perjalanan Kirab Pelajar Andalan berlangsung sukses dan meriah. 

Pasukan kirab yang disambut gegap gempita para pelajar (siswa SD, SMP dan SLTA) yang menunggu di pinggir jalan yang dilalui kirab.

Pasukan Kirab Pelajar Andalan Kabupaten Kepulauan Selayar diiringi drum band dan juga diwarnai dengan berbagai atraksi, seperti pencak silat, tari-tarian dan juga yel-yel Pelajar Andalan versi Selayar.

Saat ini, kata Muhammad Nur, Bendera Pemprov Sulsel dan Naskah Ikrar Pelajar Andalan sedang disematkan di Pelabuhan Pamatata Selayar, dan selanjutnya akan menyeberang ke Pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba untuk selanjutnya diteruskan kepada Pelajar Andalan Kabupaten Bulukumba.

Sementara pasukan Kirab Pelajar Andalan Rute 2 (Luwu Raya) saat ini, seperti yang dilaporkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Dr Settaraming, S.Pd.M.Si disemayamkan di Kabupaten Sidrap untuk selanjutnya akan diserahkan kepada Pelajar Andalan Kota Parepare keesokan harinya, Minggu (9/10 2022) di perbatasan Kabupaten Sidrap dan Kota Parepare.

Untuk pasukan Kirab Pelajar Andalan Rute 3 (Toraja) saat ini masih disematkan di SMAN 1 Pinrang, Minggu pagi akan bergerak ke Kota Parepare setelah dilepas Bupati Pinrang, kata Kasi SMK Cabdis Wil VIII, Muhammad Hayat.

Jadi besok, hari Minggu Kirab Pelajar Andalan Rute 3 dan 4 akan bertemu di Kota Parepare, yang selanjutkan akan diarak ke Kabupaten Barru secara bersama-sama setelah disematkan semalam di Kota Kelahiran Presiden RI ke-3, Prof. BJ Habibie.

Sementara itu, Kirab Pelajar Andalan untuk Rute I (Bone) baru akan bergerak pada tanggal 12 Oktober 2022 akan melewati Kabupaten Maros menuju Makassar.


Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr Setiawan Aswad, M. Dev. Plg mengatakan, Kirab Pelajar Andalan untuk semua rute akan berada di Makassar pada tanggal 15 Oktober 2022.(*)

0 Response to "Hiruk Pikuk Pasukan Kirab Pelajar Andalan Sulsel"

Post a Comment