Rakor Kesiapsiagaan, Kapolres Palopo: Personil Dan Peralatan Siap



PALOPO.WARTASULSEL.ID- Rapat koordinasi (Rakor) Kesiapsiagaan Penanganan/Penanggulangan Bencana Alam di Kota Palopo dipimpin langsung Kapolres Palopo AKBP. DR (C). H. Muh. Yusuf Usman, S.H., S.I.K., M.T.

Pada rakor tersebut Kapolres Palopo didampingi Wakapolres Palopo AKBP Sanodding, S.H. Selain itu, hadir Danramil Wara Kapten Inf Muh. Sukardi, Kepala BPBD Kota Palopo Drs. Burhan Nurdin, M.Si, Kabid Dinas Lingkungan Hidup, Makmur. 

Lalu, Dinas PUPR Kota Palopo Yafed Dendang, Dinas Sosial Kota Palopo, Dinas Kesehatan Kota Palopo, Manager PLN Kota Palopo, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Kasi Polres Palopo dan jajaran.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan sebagai upaya kolaborasi dan sinergi semua pihak. 

Bencana menjadi urusan bersama, perlu kesadaran kolektif, dibutuhkan koordinasi agar penanganan banjir dan Longsor di Kota Palopo dapat lebih terintegrasi. Selasa, 11 Oktober 2022 di Aula Tantya Sudirajati Polres Palopo. 

Menurut Kapolres Palopo AKBP. Muh. Yusuf Usman, S.H, bahwa, pertama, pemerintah harus fokus untuk mengurus para pengungsi.

" Kedua, para korban yang terjadi luka-luka termasuk mereka yang mengalami masalah dan kesulitan seperti listrik, air bersih, dan lain-lainya, " Ujar Kapolres Palopo. 

Sejumlah wilayah di Kota Palopo yang diprediksi akan terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem. 

" Oleh karena itu, kita bergerak bersama dengan masyarakat untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang dapat berpotensi terjadi kembali, " Cetusnya. 

Sebagai upaya mengantisipasi potensi bencana Palopo telah menyiapkan Pos Penanggulangan Bencana Alam.

" Dan jika dibutuhkan personil dan peralatan siap untuk dioperasikan.
Masing masing dinas terkait untuk menerjunkan tim kesehatan dalam waspada penyakit seperti penyakit kulit, gatal-gatal, Diare, ISPA, Leptospirosis, dll, " Jelasnya. 

Begitu juga dinas lainnya agar berpartisipasi dalam membantu warga Kota Palopo seperti Pos Bencana Alam, Pos Dapur dan lain lain. 
 
" Menanggapi hal yang terjadi kita berharap, di setiap posko harus saling bersinergi, berkumpul di satu posko dan tidak menyebar, untuk memudahkan koordinasi, " Pungkas Yusuf Usman. 

*QMH. Yoga*

0 Response to "Rakor Kesiapsiagaan, Kapolres Palopo: Personil Dan Peralatan Siap"

Post a Comment