Rapat Kesiapan Penilaian Wisata Kambo, Munasirah: CHSE, Sekda: Berkoordinir



PALOPO.WARTASULSEL.ID- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Drs. H.Firmanza DP. SH.M.Si, memimpin rapat kesiapan dalam rangka Penilaian Lapangan, Kampung Wisata Kambo oleh Dewan Juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kota Palopo Jum'at, 7 Oktober 2022.

Rapat tersebut, bertujuan untuk melihat dan memantau sejauh mana kesiapan Kota Palopo sendiri dalam Penilaian Lapangan Kampung Wisata Kambo nantinya.

Selain itu, menindaklanjuti hasil Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam rangka Penilaian Lapangan Kampung Wisata Kambo oleh Dewan Juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Serta kunjungan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif. 

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kota Palopo, Dra. Munasirah M.Si, mengatakan kampung wisata kambo, terkait penilaiannya ialah melihat bagaimana keaktifan keikutsertaan masyarakat. 

" Dalam pengembangan desa wisata kambo sendiri, " Ujarnya. 

Ia mengungkapkan pada saat penganugerahan desa wisata beberapa waktu lalu ada beberapa indikator yang harus dipertahankan.

" Diantaranya, daya tarik pengunjung, kebersihan toilet umum, souvenir, layanan homestay, konten kreatif bagaimana pengelolah desa wisata membuat konten berkaitan desa wisata tersebut, " Ungkapnya. 

Kemudian, CHSE, Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan), dan kelembagaan yang ada. 

"Seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata desa dan mensukseskan pembangunan pariwisata daerah/nasional, " Pungkas 
Munasirah. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H.Firmanza DP. SH.M.Si, menghimbau dikeranakan ini membawa nama Kota Palopo agar dalam pelaksanaan penilaian nantinya semua stakeholder agar bisa bekerjasama. 

" Dan saling berkoordinir dengan team OPD terkait, agar semua berjalan sebagaimana yang diharapkan, " Imbaunya. 

*QMH. Yoga*

0 Response to "Rapat Kesiapan Penilaian Wisata Kambo, Munasirah: CHSE, Sekda: Berkoordinir"

Post a Comment