Sekretaris Utama BNPB dan Menko PMK Tinjau Langsung Penanganan Bencana Longsor di Tana Toraja

Sekretaris Utama BNPB dan Menko PMK Tinjau Langsung Penanganan Bencana Longsor di Tana Toraja




Kabupaten Tana Toraja, Jumat (19/4) - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rustian, bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi, tiba di Kabupaten Tana Toraja untuk meninjau langsung penanganan bencana longsor yang baru-baru ini terjadi.


Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Longsor dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja, di mana empat arahan penanganan bencana longsor disepakati. Antara lain, arahan tersebut mencakup pembangunan infrastruktur darurat, pembangunan infrastruktur permanen, penyediaan hunian sementara bagi korban terdampak, dan relokasi hunian warga.


Dalam kesempatan rapat koordinasi ini, BNPB turut memberikan bantuan dukungan operasional dana siap pakai serta bantuan peralatan dan logistik kepada Pemerintah Kabupaten Tana Toraja guna penanggulangan bencana. Bantuan tersebut meliputi tenda keluarga, tenda pengungsi, velbed, light tower, genset, pompa alkon, penjernih air, gergaji mesin, dan senter evakuasi.


Kedatangan Sekretaris Utama BNPB dan Menko PMK ini menunjukkan komitmen Pemerintah Pusat dalam mendukung upaya penanganan bencana di daerah. Dengan adanya sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, diharapkan penanganan bencana longsor di Kabupaten Tana Toraja dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien.


Selain memberikan bantuan fisik, rapat koordinasi ini juga menjadi forum bagi para pemangku kepentingan untuk berkoordinasi dan bersinergi dalam menyusun langkah-langkah strategis untuk mengatasi dampak bencana longsor yang terjadi. Langkah-langkah tersebut diharapkan mampu memberikan solusi yang tepat dan berkelanjutan bagi korban terdampak serta masyarakat secara luas.

0 Response to "Sekretaris Utama BNPB dan Menko PMK Tinjau Langsung Penanganan Bencana Longsor di Tana Toraja"

Post a Comment